Asal Usul Getuk Lindri

Asal Usul Getuk Lindri

Asal Usul Getuk Lindri

Dikirim oleh : Meirani Idha

Instagram : @meirani_250503

Asal Usul Getuk Lindri

      Alkisah di Desa Pajar Gayuh ada seorang pria muda penjual singkong. Gatot nama pria tersebut. Ia adalah seorang penjual singkong yang sangat sukses. Karena kesuksesannya ia menjadi pria yang sombong. Ia berencana membuka cabang di suatu tempat. Di desa yang sama, tinggalah seorang wanita tua penjual santan (kelapa). Ia tidak sesukses pak Gatot. Ia tidak mau kalah dengan penjual lainnya. Indri nama wanita tersebut. (Baca juga : Pemimpin Bukannya Pemimpi)

      Pada suatu hari, Pak Gatot membuka cabang di pasar “rame” tempat yang sama dimana Ibu Indri. Pak Gatot berjualan dengan menggunakan gerobak. Di pasar itu dagangan Pak Gatot laku keras. Ia bertambah sukses, dan rasa sombongnya pun bertambah. Disisi lain, dagangan Ibu Indri yang tidak laku. Lama – kelamaan Ibu Indri merasa tersaingi dengan Pak Gatot. Ia merasa bahwa dulu sebelum Pak Gatot Berjualan di Pasar Rame, ia adalah penjual yang paling sukses dibandingkan penjual lainnya. Karena rasa tidak mau kalah, Ibu Indri merencanakan sesuatu untuk membuat dagangan Pak Gatot tidak laku, dan ia kembali menjadi penjual paling sukses di Pasar Rame.

      Ia menghasut para pembeli untuk tidak membeli dagangannya Pak Gatot dengan alasan Pak Gatot mendapatakan singkong – singkong tersebut dengan cara yang tidak benar. Para pembeli pun terhasut oleh omongannya dan tidak lagi membeli singkong di Pak Gatot. Lama – kelamaan dagangan Pak Gatot tidak ada yang laku. Pak Gatot merasa heran karena dulu dagangannya laku keras mengapa sekarang dagangannya tidak satupun laku terjual.

      Dengan rasa heran Pak Gatot bertanya kepada salah satu langganannya ” Mengapa engkau tidak lagi membeli singkong disini??” Ucap Pak Gatot. “Ibu Indri bilang kau mendapatkan singkong – singkong tersebut dengan cara yang tidak benar. ” ucap salah satu langganannya. Dengan rasa marah Pak Gatot mendorong gerobaknya dengan cepat menuju toko Ibu Indri. “Mengapa kau mengucapkan seperti itu kepada langgananku?” ucap Pak Gatot dengan rasa marah. “Kalau iya memang kenapa? ” ucap Ibu Indri dengan nada tinggi. Akhirnya mereka pun bertengkar hebat sampai – sampai semua dagangan mereka berantakan. Semua singkong Pak Gatot hancur sedangkan kelapa Ibu Indri jatuh berserakan diatas singkong Pak Gatot yang hancur berantakan.

         Salah satu orang yang melihat pertengkaran mereka, mencicipi singkong yang hancur tersebut dan tertabur oleh parutan kelapa. “ Ini sangat enak sekali, daripada kalian bertengkar, mengapa kalian tidak bekerja sama? ” Ucap orang tersebut. Mereka berdua langsung mencicipinya mereka menyadari bahwa itu sangat enak, lalu mereka memutuskan untuk bekerja sama. “Apa nama makanan ini? ” tanya Pak Gatot. Salah satu orang mengatakan “ Bagaimana kalau nama makanan ini GatotIndri? “. “ Itu ide yang bagus!!, tetapi kurang enak didengar. Bagaimana kalau nama makanan ini Getuk Lindri? ”. Pak Gatot mengatakan bahwa itu adalah nama yang indah. Mereka pun bekerja sama menjual Getuk lindri. Usaha mereka sangatlah sukses. Pak Gatot dan Ibu Indri pun merasa bahagia.

      Itulah postingan cerpen tentang Asal Usul Getuk Lindri yang telah dikirim oleh salah seorang sahabat kita. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari cerpen tentang Asal Usul Getuk Lindri diatas. (Baca juga cerpen lain dalam versi Bahasa Inggris pada : THE LEGEND OF MANINJAU LAKE

Kirimkan tulisan kalian yang lain melalui e-mail ke: [email protected] 

4 thoughts to “Asal Usul Getuk Lindri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *