Hasil Tidak Menghianati Usaha

Hasil Tidak Menghianati Usaha

Hasil Tidak Menghianati Usaha

Dikirim oleh : Tiara Maulidia Ningrum

InstaGram : @ _Tiaraningrum_

Hasil Tidak Menghianati Usaha

            Berawal dari hal sederhana akan menjadi hal yang sangat berharga. Berawal dari kegagalan jika terus berusaha akan menjadi keberhaslan karena Hasil Tidak Menghianati Usaha.

Itu banyak dialami oleh beberapa atlet diantaranya atlet volly. Tidak semua orang bisa melakukan hal itu, namun jika orang yang bisa melakukan hal itu, maka dia akan merasa sangat bangga akan dirinya. Bahkan orang tua dan orang yang disekitarnya pun akan iri pada mereka.

            Mungkin semua atlet volly , diantaranya Wilda Siti Nur F, Yolla Yuliana, Aprilia Manganang, Rendi Tamamilang, Sigit Ardian, Rivan M, dkk. Yang sudah berhasil menjadi pemain yang bisa mewakili Indonesia melaju ke tournament tingkat dunia.  Itu semua berawal dari hal  yang sangat kecil. (Baca juga : Nasihat Terindah Sang Ayah)

            Dari dulu kita sering mendengar bahwa hasil tidak menghianati usaha. Begitu juga dengan kita . Kita harus yakin semua orang pasti memiliki tujuan, keinginan dan harapan. Namun kenapa tidak semua orang bisa mencapai tujuan, keinginan dan harapan itu? Jawabanya adalah karena tujuan, keinginan dan harapan mereka tidak sebanding dengan perjuangan mereka meraih hal itu.

            Seperti hal nya para atlet sukses. Untuk menjadi seorang atlet mungkin memang hal yang tidak mudah. Perlu mental yang bagus, postur yang baik, fisik dan daya tahan tubuh yang luar biasa. Tidak hanya itu, kita juga harus terus berlatih , berani panas , berkeringat, bahkan para atlit volly pun rela jatuh bangun hanya untuk mempertahankan bola agar tidak jatuh.

Sebenarnya untuk menjadi seorang atlet volly yang sangat dibutuhkan adalah mental ! . Banyak dari para pemain bahkan kita sendiri memiliki mental yang buruk . Misalnya ketika kita sudah berlatih keras , menahan panas saat di lapangan, Menahan haus saat di lapangan , dan waktu sudah masuk di area pertandingan, kita melihat para lawan kita yang memiliki postur lebih baik dari kita, teknik smash yang lebih indah dari tim kita. Sekejap hati kita akan mengatakan “Sepertinya kita akan kalah“ atau “ Kayaknya susah melawan mereka “.

            Hal seperti diatas sangat banyak kita alami dan kita jumpai. Seharusnya para atlet tidak boleh merasa rendah diri, tidak boleh ragu akan kemampuan diri sendiri, Tidak boleh mudah menyerah hanya karena melihat lawan yang terlihat seperti pemain hebat. Seorang atlet sejati, ketika di lapangan seharusnya hanya berfikir bahwa kita hebat, kita bisa, kita yang terbaik, dan yang paling penting kita harus yakin dan berkata “ Kita harus main maksimal dan menampilkan yang terbaik “. 

       Namun, Di dalam sebuah pertandingan pasti pemenang dan pasti ada yang kalah. Tetapi, pemenang belum tentu yang terbaik, karena banyak kita jumpai juga, pemenang muncul karena melakukan kecurangan seperti membayar wasit agartidak berlaku adil. Hal tersebut terkesan sangat memalukan dan tidak membanggakan sama sekali. Lain halnya dengan suatu tim, yang jujur. Meraih kemenangan dengan modal semangat, kerja keras dan doa serta selalu berkeinginan untuk menampilkan yang terbaik. Jika mereka menang mereka pasti akan sangat bangga dan bahagia. Karena apa yang mereka rasakan selama latihan sudah terbayar oleh kemenangan itu. Dan jika mereka kalah mereka akan tetap puas, karena mereka merasa sudah melakukan yang terbaik.

       Pada dasarnya kekalahan adalah kesuksesan yang tertunda. Karena jarang kita jumpai sebuah tim selalu menang dalam setiap tournament, mungkin tim yang berstatus sebagai juara bertahan paling lama 7 tahun.  Mungkin karena faktor generasi penerus pemain yang buruk atau pelatih dari tim juara bertahan itu ganti. Dan tim yang kalah juga tidak akan selalu kalah, justru dengan kekalahan kita seharusnya lebih kerja keras agar bisa mencapai kemenangan itu. Dan dari kerja keras itu maka akan membuahkan hasil berupa bertambahnya semangat kita sehingga di pertandingan selajutnya kita dapat meraih kemenangan. Ingatlah bahwa Hasil Tidak Menghianati Usaha. (Baca juga artikel lain pada : Makna Dibalik Ikhlas)

      Dari hal diatas kita dapat memetik sebuah hikmah. Yaitu kemenangan dan kekalahan adalah hal yang biasa. Jika kita menang dalam suatu pertandingan atau kita sukses dalam suatu pekerjaan. Janganlah kita sombong ! Teruslah berlatih ! Janganlah kita lalai terhadap siapa yang memberi kita nikmat hidup ! Karena semua yang terjadi didunia adalah atas kehendakNya. Begitu juga kemenangan dan kekalahan.

       Dan ketika kita kalah dalam suatu pertandingan dan jika kita gagal dalam suatu pekerjaan. Janganlah kita putus asa ! teruslah berusaha karena Hasil Tidak Menghianati Usaha ! Janganlah kita Rendah diri ! Janganlah kita marah terhadap takdir ! Teruslah meminta pada Tuhan agar kita diberi yang terbaik dalam segala hal. Karena sesungguhnya tidak ada yang pintar selain Dia, Tidak ada yang adil selain Dia dan Dia lah yang Maha pemberi segala hal termasuk kemenangan.

       Itulah postingan kisah inspiratif tentang Hasil Tidak Menghianati Usaha yang telah dikirim oleh salah seorang sahabat kita. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari kisah inspiratif tentang Hasil Tidak Menghianati Usaha diatas. (Baca juga artikel lain pada : Sifat Setan yang Perlu Dicontoh)

Kirimkan tulisan kalian yang lain melalui e-mail ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *