Resiko Ulangan Menyontek

Resiko Ulangan Menyontek

Resiko Ulangan Menyontek

Resiko Ulangan Menyontek

Dikirim oleh : Ahmad Fauzi

e-mail : [email protected]

       Di suatu ketika aku belajar mata pelajaran IPA dengan sangat giat, karena besoknya akan ada ulangan harian mata pelajaran IPA. Ilmu pengetahuan Alam ialah mata pelajaran yang tidak begitu aku sukai,  namun pada waktu itu aku belajar dengan rajin agar nilai ulangan harian IPA ku mendapatkan nilai yang terbaik. (Baca juga : Sekedar Mimpi Tanpa Kenyataan)

       Tanpa henti aku selalu berdoa dan belajar untuk mendapatkan nilai tertinggi di ulangan harian IPA ku nanti. “Bu Sus sudah selesai.” Itulah kalimat yang aku lontarkan kepada guru mapel IPA ku, karena pada waktu itu aku selesai terlebih dahulu dalam mengerjakan ulangan IPA ku. Setelah itu aku kembali duduk di bangkuku.

       “Allhamdulilah” pada waktu itu aku sangat bersyukur karena tidak aku sangka ulangan harian mata pelajaran IPA ku benar semua dan mendapatkan nilai seratus. Bu Susmiati sangat bangga kepadaku, dan menurutku orang tua aku juga pasti bangga dengan ku, karena aku mendapatkan nilai seratus dengan kerja keras aku sendiri. (Baca juga artikel lain pada : Lika Liku Perjalanan Hati)

       Namun, setelah itu aku sangat kecewa dan hampir putus asa karena tiba-tiba Ibu Sus guru mapel IPA ku menurunkan nilai ulangan harianku, karena jawaban ulangan harianku sama persis dengan teman sebangku ku. Kalau boleh jujur sih… memang teman sebangku ku menyontek jawaban ulangan harian IPA ku, jadi mungkin Bu Sus tidak salah dalam kejadian itu.

       Semenjak kejadian itu, aku sampai berkata tidak akan mencontekkan hasil jawaban ulanganku kepada temanku, karena jujur aku sendiri trauma dengan hasil nilai yang sangat bisa disyukuri tiba-tiba turun drastis dengan kesalahan aku sendiri. Mungkin itu cara Allah SWT agar aku tidak bersikap sombong. Masya Allah… (Baca juga artikel lain pada : Soal USBN Seni Budaya SMP Bagian 1)

       Itulah postingan kisah curahan hati (curhat) yang berjudul Resiko Ulangan Menyontek yang telah dikirim oleh salah seorang sahabat kita. Dengan harapan semoga kita dapat mengambil hikmah dari curhat tentang Resiko Ulangan Menyontek diatas. (Baca juga artikel lainnya dalam versi Bahasa Inggris pada : Natural Beauty of Garotan Tourism Village)

Kirimkan tulisan kalian yang lain melalui e-mail ke: [email protected]

One thought to “Resiko Ulangan Menyontek”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *